10 September 2013

Mengenal Istilah-Istilah Dalam Dunia Maya

Seringkali kita menjumpai kalimat-kalimat yang kita tidak ketahui artinya ketika kita sedang asyik berselancar di dunia maya, seperti contohnya kalimat broswing, hacker, spyware dan lain sebagainya, lalu apa sih arti dari kalimat-kalimat yang aneh dan gak jelas tersebut (udik nya kumat)…
Okehh…disini saya akan menjelaskan beberapa pengertian dari kata-kata misterius yang sering kita jumpai di dunia maya, setelah saya broswing, searching dan bertanya-tanya kepada mbah google, akhirnya saya sedikit-demi sedikit paham dan mengerti arti dari kalimat-kalimat misterius tersebut..
here we go…


Hacker : adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet
Dalam artikel lain menjelaskan bahwa Hacker sendiri adalah orang yang bekerja untuk mengembangkan program-program komputer (lebih cenderung ke program internet), baik secara independen maupun dipekerjakan pada suatu perusahaan. Tugas hacker adalah mencari kelemahan dari suatu sistem yang dibangun oleh programmer sehingga program atau aplikasi yang dibuat bisa menjadi lebih baik
 
White Hat Hacker : Istilah dalam bahasa inggris White hat yaitu: memfokuskan aksinya bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

Black Hat Hacker : Istilah dalam bahasa inggris yang mengacu kepada peretas yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut.

Cracker : adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga mendelete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

Spyware : adalah sebuah program yang diciptakan bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang pengguna komputer dengan tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut. kita harus berhati-hati dengan spyware ini karena apabila kita lengah maka data kita yang dapat berupa PIN, rekening bank, atau data penting dapat diambil oleh spyware ini. dan spyware ini dapat berupa juga iklan pop up, dan cara penyebarannya mirip dengan trojan horse.

Malware (malicious software) : adalah program komputer yang diciptakan dengan tujuan mencari kelemahan software.Umumnya malware diciptakan untuk membobol dan merusak sebuah program,Contohnya: wabbit, keylogger, browser hijacker, dialer, exploit,dan rootkit.

Backdoor : Pintu belakang dalam keamanan sistem komputer merujuk kepada mekanisme yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi, sistem, atau jaringan.Selain mekanisme umum juga digunakan melalui proses logon atau proses autentikasi lainnya.Disebutnya juga Backdoor.

Worm : adalah program atau virus yang tidak menginfeksi program lain, tetapi dia membuat copyannya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya , biasanya cara menginfeksinya melalui sebuah jaringan tetapi tidak mengkaitkan dirinya dengan program lain, akan tetapi sebuah worm dapat mengubah atau merubah suatu file.

Virus : sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri,dan juga menyisipkannya ke data atau program lain yang ada pada harddisk atau media penyimpannan kita.Virus dapat menghambat kita dalam mengoperasikan komputer sehingga kinerja komputer tidak maksimal.

Link : Link/tautan adalah tulisan atau gambar yang apabila di klik akan menuju halaman tertentu sesuai dengan yang di tentukan oleh pembuat link.

Bandwidth : adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah.

Hotspot : adalah lokasi dimana user dapat mengakses melalui mobile computer (seperti laptop atau PDA) tanpa mengguakan koneksi kabel dengan tujuan suatu jarigan seperti internet.
Jaringan nirkabel menggunakan radio frekuensi untuk melakukan komunikasi antara perangkat komputer dengan akses point dimana pada dasarnya berupa penerima dua arah yang bekerja pada frekuensi 2.4 GHz (802.11b, 802.11g) dan 5.4 GHz (802.11a)
IP (Internet Protocol) : protokol komunikasi utama yang digunakan untuk menyampaikan datagram (paket) di sebuah internetwork menggunakan Internet Protocol Suite.

IP Adress : deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.

Spam : Usaha atau cara yang salah dalam menggunakan mailing list atau fasilitas komunikasi lainnya dengan mengirim pesan yang sama ke banyak pihak yang sebenarnya tidak memintanya, seolah menyiarkan pesan tersebut. Kegiatan ini sering disebut spamming

URL : Singkatan dari Uniform Resource Locator yakni alat - alat dokumen yang ada dalam halaman website.

Wi-Fi : Singkatan dari Wireless Fidelity yakni istilah populer untuk bentuk komunikasi data nirkabel (tanpa kabel). Pada dasarnya Wi-Fi adalah Wireless Ethernet.

Attachment : sebuah fasilitas untuk melampirkan sesuatu dalam pengiriman e-mail baik itu berupa gambar atau dokumen lainnya.

DNS : Singkatan dari Domain Name System yakni sistem yang menerjemahkan domain name internet dalam IP number.

HTML : Singkatan dari Hyper Text Markup Language merupakan sebuah bahasa pengkodean yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext untuk digunakan dalam WWW (world Wide Web).

Script : kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.

Website : adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.

WAP : Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.

Server :
Adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.

kira-kira seperti itulah istilah-istilah yang saya pahami, sebenarnya masih banyak istilah-istilah lain, namun berhubung terbbatansya dan kebetulan tangan saya juga sudah mulai cape (ya iyalah brooo, ngetik mulu kerjanya heheh)...
semoga postingan kali ini bermanfaat bagi sobat.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P E R H A T I A N !!!
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. tidak boleh spam (Spamming Comment)
3. No pornografi dan Menempelkan Link Aktif.

Regard : Sugimin Lifehacker