27 November 2013

HTTP HTTPS dan FTP

Selamat malam sobat, meskipun sibuk dengan tugas kampus yang bejibun tapi saya berusaha meluangkan waktu disela-sela kesibukan. nah kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai perbedaan HTTP, HTTPS dan FTP pada sebuah jaringan internet. 

adapun tujuan dari postingan ini adalah untuk memberitahu sobat tentang perbedaan ketiga jenis protokol di atas dan keunggulan ataupun spesialisasi dari masing-masing jenis protokol tersebut.



HTTP (HyperText Transfer Protocol)

Merupakan protokol standard yang digunakan untuk mentrasnfer file/dokumen dalam World Wide Web (www). HTTP merupakan bentuk protokol yang meminta dan menjawab antara client dengan server. protokol Ini ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.

Data paket yang dikirim menggunakan HTTP tidak terenkripsi, siapapun dapat melihat data dalam teks biasa seperti BadGuy lakukan. Itulah mengapa tidak menggunakan HTTP untuk perbankan atau transaksi di internet, dan juga itu tidak dianjurkan jika Anda membuka website halaman login yang menggunakan HTTP pada jaringan publik seperti area hotspot nirkabel.

HTTPS (HTTP Secure)
 
Merupakan versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security).

Data paket dikirim menggunakan HTTPS dienkripsi, orang tidak dapat melihat data paket dalam jaringan publik. Itu sebabnya HTTPS biasanya digunakan untuk perbankan atau transaksi di internet, dan halaman juga login atau halaman lain perlu untuk mengenkripsi data. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.

FTP (File Transfer Protocol) 
Merupakan rotokol yang digunakan untuk meng-upload file dari komputer client tertentu ke sebuah FTP server atau untuk men-download file-file dari FTP server ke komputer client tertentu. Fungsinya hampir sama dengan HTTP, karena keduanya berfungsi untuk mentransfer data dari suatu server ke komputer Anda. FTP merupakan media pertukaran data antara satu komputer dengan komputer lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan. FTP klien membuka koneksi control melalui TCP port 21 pada FTP server, kemudian koneksi terbuka di seluruh sesi.

*) KAMUS KECIL
Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
Secure Sockets Layer  dan Transport Layer Security adalah sebuah protokol keamanan data yang digunakan untuk menjaga pengiriman data web server dan pengguna situs web tersebut.
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P E R H A T I A N !!!
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. tidak boleh spam (Spamming Comment)
3. No pornografi dan Menempelkan Link Aktif.

Regard : Sugimin Lifehacker