14 November 2013

Tipe Data Dalam Pemrograman

Pengertian Struktur Data
Struktur Data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien. struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record).

*) Macam-macam type data
secara umum type data dibagi menjadi 3, yaitu :
Tipe Data Sederhana (Simple - Data Type)
Tipe Data Terstruktur (Structured - Data Type)
Tipe Data Penunjuk (Pointer - Data Type)

A. Type data sederhana
Merupakan tipe data yang sudah ada dan dijadikan standar dalam bahasa pemrograman tertentu dan  Isi dari tipe data sederhana ini adalah data-data tunggal. 

Integer (Bilangan Bulat).
Integer yaitu tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan bulat (tidak memiliki titik decimal). Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan.

Tipe data Ukuran Tempat Rentang Nilai
Byte 1 Byte 0 s/d +255
Shortint 1 Byte -28 s/d +127
Integer 2 Byte -32768 s/d 32767
Word 2 Byte 0 s/d 65535
Longint 4 Byte 2147483648 s/d 2147483647

Real (Bilangan Pecahan).
Bilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific .

Tipe data Ukuran Tempat Rentang Nilai
Real 6 Byte 2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
Single 4 Byte 2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
Double 8 Byte 5.0 x 10-324 s/d 1.7 x10308
Extended 10 Byte 3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x104932
Comp 8 Byte 3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x104932

Boolean (Logika)
Merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Turbo Pascal memiliki tiga macam jenis ini yaitu Boolean,WordBool, dan LongBool. Tipe Boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WordBool dan LongBool dipakai untuk menulis program yang sesuai dengan lingkungan Windows.

Tipe data Ukuran
Boolean 1 Byte
WordBool 2 Byte
LonggBool 3 Byte

String ($)
type data string merupakan type data yang terdiri dari kumpulan karakter (Huruf, angka, simbol), huruf (A-Z, a-z) angka (1-9) dan symbol ( %, !, _, - ).

Char
Tipe char digunakan untuk mendefinisikan tipe data yang nilainya merupakan himpunan karakter yang dikenal komputer seperti yang tersaji dalam tabel ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Dalam program, konstanta bertipe char ditulis diantara tanda petik, misalnya ‘A’ . Perlu diingat bahwa data bertipe char hanya terdiri dari 1 karakter.

B. Tipe Data Terstruktur
merupakan type data yang menampung lebih dari satu nilai.

Array
tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih elemen / komponen yang memiliki tipe data yang sama. Posisi masing – masing komponen dalam larik dinyatakan sebagai nomor index.
Array dapat didefinisikan sebagai suatu himpunan hingga elemen yang terurut dan homogen. Terurut dapat diartikan bahwa elemen tersebut diidentifikasikan sebagai elemen pertama, elemen kedua dan seterusnya sampai elemen ke-n.

Record
kumpulan data yang setiap elemennya bias mempunyai tipe data yang berbeda satu sama lainnya. Tipe data ini digunakan untuk mempresentasikan kumpulan (set) elemen / komponen yang memiliki satu jenis atau lebih tipe data. Tiap elemen disebut juga field atau property atau attribute.

Set (Himpunan)
Tipe himpunan adalah kumpulan obyek yang mempunyai tipe data yang sama dan urutan penulisannya tidak diperhatikan. Setiap onyek di dalam suatu himpunan disebut dengan anggota atau elemen himpunan

File (Berkas)
Berkas (file) adalah kumpulan sejumlah komponen yang bertipe data sama yang jumlahnya tidak tentu dan biasanya tersimpan dalam suatu media penyimpan luar. Jumlah komponen dalam berkas dapat ditambah jika diperlukan.

C. Tipe Data Penunjuk
yaitu type data yang berisikan alamat yang mengarah/menunjukan data didalam memory, sehingga data tersebut bisa dibaca.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P E R H A T I A N !!!
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. tidak boleh spam (Spamming Comment)
3. No pornografi dan Menempelkan Link Aktif.

Regard : Sugimin Lifehacker