12 Desember 2013

Pengertian SN, Keygen, Patch dan Crack

Hampir semua pengguna software pasti pernah menjumpai istilah-istilah Serial Number, Crack, Patch, Keygen dan Regkey. namun apa sih pengertian dari istilah tersebut.

okeh kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang pengertian istilah-istilah di atas, karena saya masih sering menjumpai pertanyaan tentang apa itu crack, apa itu keygen? nah untuk dapat mengetahui arti dari istilah-istilah tersebut sobat bisa baca pengertian dibawah ini.


1. Serial Number (SN)
Serial number merupakan sebuah kombinasi antara Angka dan huruf yang berfungsi untuk membuat suatu software menjadi full versi. Serial number ini didapatkan dengan cara memesan/ membeli produk (purchase) dari developer software tersebut.

2. Keygen
Keygen atau merupakan kepanjangan dari Key Generator merupakan sebuah program yang berisi kumpulan dari serial, kunci lisensi ataupun informasi lainya yang diperlukan untuk mengaktifasi sebuah software menjadi full versi.

Keygen menghasilkan serial number yang bisa digunakan untuk mengaktivasi software, akan tetapi seringkali software yang menggunakan serial number yang berasal dari keygen terkena blacklist sehingga software yang tadi sudah full versi kembali menjadi trial atau lebih buruknya software tersebut tidak bisa digunakan lagi (karena masa trial habis).

3. Crack
Crack adalah perangkat lunak yang di modifikasi  untuk menghapus atau menonaktifkan fitur yang dianggap tidak diinginkan oleh cracker software tersebut, biasanya berhubungannya dengan metode perlindungan: (copy protection, perlindungan terhadap manipulasi software), trial / versi demo, serial number, tanggal pemeriksaan, ataupun CD cek.

Penggunaan crack biasanya dengan cara mengganti file executeable (.exe) yang asli dengan file exe yang telah dimodifikasi, sehingga fitur-fitur dalam software tersebut bisa dinikmati sepenuhnya.

software yang menggunakan Crack, kebanyakan tidak bisa diupdate, karena pada dasarnya crack hanya berlaku untuk versi tertentu dan tidak akan berlaku lagi dengan versi lainya, semisal saya memiliki software Advanced system care versi 9.0 dan berhasil saya crack menjadi full versi, ketika saya update software tadi ke versi 10.0 maka software yg tadinya full versi akan menjadi trial kembali.

4. Patch
Patch tergolong menjadi 2 bagian, yaitu patch yang berfungsi untuk memperbaiki bug dalam sebuah software (update) dan patch yang berfungsi untuk membuat sebuah software menjadi full version.

Patch Update
Patch ini berfungsi untuk memperbaiki masalah-masalah dalam sebuah software, sperti misalnya software tersebut sering crash, lag, ngehang dan lain sebagainya, nah patch ini berfungsi untuk mengupdate software tersebut sehingga masalah-masalah tadi akan hilang. selain untuk mengatasi bugs, patch dalam sebuah game bisa berfungsi untuk memperbaharui (update) informasi,.

contohnya dalam game PES 2013 ketika terjadi musim transfer di dunia nyata (bukan didalam game) pemain bernama A pindah ke klub X, maka kita cukup mendownload patch tersebut sehingga pemain tadi akan berada di klub yang sama dalam Game. 

Patch Full Versi
Patch ini berfungsi untuk membuat sebuah software menjadi full versi, dengan cara memodifikasi file-file tertentu dalam sebuah software dan menginjeksi registry key kedalam komputer.

Patch seringkali dianggap sebagai virus karena perilakunya yang mencurigakan dan dianggap berbahaya oleh sebagian antivirus, sehingga seringkali sebelum menggunakan patch kita harus mematikan antivirus.

5. Registry Key
Registry key juga bisa digunakan untuk membuat sebuah software menjadi full version, sistem kerjanya yaitu menuliskan/memasukan informasi tertentu ke registry software yang akan dibuat full version.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P E R H A T I A N !!!
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. tidak boleh spam (Spamming Comment)
3. No pornografi dan Menempelkan Link Aktif.

Regard : Sugimin Lifehacker