8 Mei 2014

LP Pengenalan LaTeX

Selamat malam sobat sedikit memanfaatkan waktu luang saya yang sebelumnya tersita oleh tugas-tugas kuliah yang menumpuk. Kali ini saya akan berbagi LP LAB SI tentang Pengenalan LaTeX, mungkin postingan ini bisa sedikit membantu sobat dalam menjawab soal-soal LAB SI yang berhubungan dengan LaTeX, berikut merupakan Pembahasan LP tentang Pengenalan LaTeX.






1. Apa yang anda ketahui tentang LaTex !

TeX atau Latex merupakan perangkat lunak pengolah dokumen yang terutama ditujukan menghasilkan dokumenyang berisi simbol-simbol matematik yang bisa kita dapatkan secara gratis. Latex berbeda dengan pengolah dokumen lain, dimana dalam latex kita harus  engetikan atau memasukkan code jika ingin mengubah/menambahkan sesuatu, seperti menbahkan gambar, menggnti warna font, menebalkan huruf (Bold), mencetak huruf miring (Italic) dan code-code lainya.

2. Sebutkan dan jelaskan Menu-menu pada LaTex !

       Menu pada Latex dengan user interface menggunakan WinEdt :

  1. File => Menu ini berfungsi untuk membuat dokumen baru, membuka, menyimpan serta mencetak dokumen.
  2. Edit => Berfungsi untuk Undo, Redo pengaturan bentuk paragraph serta menatur spasi pada dokumen.
  3. Search => Berfungsi Untuk melakukan pencarian kata pada dokumen utnuk kemudiaan kata tersebut diganti dengan kata yang diinginkan selain itu juga berisi mnu go to line yang berfungsi untuk menuju ke baris yang diinginkan.
  4. Insert => Berisi menu yang berfungsi untuk menyisipkan tabel, rumus-rumus matematika, memasukan list, gambar, menebalkan/mencetak miring/mengaris bawahi kata dan menu lainya.
  5. Document => Menu ini memilikifungsi yang lebih ke arah pengaturan dokumen.
  6. Project => Untuk membuat project, Membuka project, Menyimpan, menutup da fungsi lain yang berkaitan dengan project.
  7. View => Pada dasarnya menu ini berfungsi untuk menampilkan ataupun menyembunyikan menu atau jendela-jendela pada WinEdit seperti toolbar, tree, melihat Unicode dan lain sebagainya.
  8. Tools  => Menu ini bersisi sederetan menu yang secara umum berfungsi untuk kepentingan pengeditan dan pengoreksian dokumen karena pada menu ini terdapat spellcheck, checkword, mengurutkan program dari A-Z atau dari Z-A, Page Break, dan mecari Error pada dokumen.
  9. Tex => Menu ini berfungsi untuk membuka File yang berbasis Tex
  10. Option => Menu pengaturan yang berfungsi untuk menyetel Preferences (Penyesuaian custom interface) serta melakukan Maintenance.
  11. Window => Untuk mengatur jendela tampilan dari program Winedt seperti memperbesar, meminimize, restore dan lainya.
  12. Help => Menu ini berfungsi untuk membantu kita agar lebih paham mengenai WinEdt, mengetahui info tentang Winedt dan juga menu untuk memasukan serial number sehingga Winedt menjadi full versi. 


3. Buatlah Program sederhana dengan perintah Bold, Italic dan Underline !

Italic
\textit { teks yang dicetak miring }\\
\emph{ yang ingin dihuruf miring}\\

Bold
\textbf { yang ingin dihuruf tebal }\\

Underline
\Underline { teks yang digaris bawah }\\



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P E R H A T I A N !!!
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. tidak boleh spam (Spamming Comment)
3. No pornografi dan Menempelkan Link Aktif.

Regard : Sugimin Lifehacker