19 Oktober 2014

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 1)

Kali ini saya akan membahas tentang Sistem Informasi Manajemen atau biasa disingkat dengan SIM, dimana dalam postingan kali ini akan membahas mengenai pengertian dari informasi, informasi yang dibutuhkan sebuah perusahaan serta pihak/elemen yang mampu berinteraksi dengan perusahaan melalui media elektronik






1) Dari uraian singkat mengenai definisi informasi yang Anda ketahui kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan managementnya?! Sebutkan dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut!

Informasi merupakan pesan, ilmu pengetahuan, berita atau data yang memiliki manfaat yang beragam, informasi umumnya berbentuk lisan atau tulisan yang mana informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja dalam proses manajemen.

Hampir semua perusahaan membutuhkan informasi, informasi tersebut umumnya dibutuhkan untuk meningkatkan bisnis perusahaan, seperti strategi pemasaran, selera masyarakat, ataupun penyedian sumber daya perusahaan. Informasi yang umum dicari/dibutuhkan oleh sebuah perusahaan adalah sebagai berikut :

Perkembangan teknologi
Teknologi terus berkembang dari masa ke masa, hal ini yang membuat mengapa sebuahperusahaan harus tetap up to date tetntang perkembangan teknologi, sebagai contoh perusahaan yang sebelumnya memproduksi barang secara manual (sepenuhnya dikerjakan SDM) sekarang sebagian besar proses produksi dilakukan oleh mesin.
Hal ini tentu berpengaruh bagi perusahaan, selain mengemat waktu dan biaya produksi menggunakan mesin juga bisa meningkatkan proses produksi hingga berkali-kali lipat, tentu hal ini merupakan sebuah teknologi yang bagus sehingga perusahaan bisa lebih meningkatkan proses produksi secara masal.

Selera Masyarakat/konsumen
Mengetahui selera atau keinginan konsumen merupakan hal yang pokok bagu sebuah perusahaan (khususnya perusahaan yang bergerak di bidang makan), dengan mengetahui selera konsumen maka kita bisa membuat produk sesuai yang mereka inginkan maka secara otomatis produk yang kita luncurkan akan mudah diterima ditengah-tengah masyarakat.

Informasi mengenai selera konsumen bisa didapatkan melalui survey, menyebarkan questioner ataupun dengan mendengarkan kritik dan saran dari konsumen.

Persaingan Global
Sudah menjadi hal yang biasa di kalangan perusahaan tentang adanya persaingan global, oleh sebab itu penting bagi suatu perusahaan untuk mengatahui keadaan pasar dan persaingan global, persaingan global biasanya pada sisi harga dan kualitas suatu barang.

Sebagai contoh sekarang ini telah banyak bermunculan handhphone/tablet  dengan harga murah tetapi fitur-fitur yang dimiliki tidak kalah lengkap dengan handphone dengan harga mahal.

Kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah juga berperan penting dalam mempengaruhi sebuah perusahaan, kebijakan-kebijakan seperti membatasi jumlah produksi barang, jumlah perusahaan yang berdiri/dibangun ataupun kebijakan penyesuaian pajak yang besar.

Sebagai contoh kebijakan pemerintah yang mengharuskan perusahaan menggunakaan produk-produk dalam negri dalam proses pengadaan bahan baku, seperti contoh jika perusahaan tersebut bergerak dibidang makanan, seperti perusahaan tepung beras yang biasa mendatangkan bahan baku dari luar negri alias import karena harga lebih murah, kemudian pemerintah menbuat kebijakan untuk pengadaan bahan baku dari dalam negri yang mana harganya lebih mahal.

Jalur distribusi
Informasi mengenai Pendistribusiian barang/produk juga ikut berperan penting dalam suatu perusahaan, selain untuk mengetahui mode transportasi tang memungkinkan untuk mencapai lokasi tujuan, serta untuk mengetahui mode transportasi yang cepat dan murah.

Sebagai contoh, jika ingin mengantar barang ke sebrang pulai sementara jembatan tidak ada maka perusahaan cenderung memilih mengirim barang menggunakan kapal laut dibandingkan dengan pesawat pengankut. Hal ini disebabkan karena menggunakan kapal laut lebih murah dan cepat dibandingkan pesawat yang memiliki keterbatasan dalam mengangkut barang.

Contoh perusahaan
PT.Indofood merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang makanan, perusahaan ini memanfaatkan informasi-informasi di atas untuk meningkatkan produksi dan keuntungan/laba.

2)   Sebutkan dan jabarkan 5 bentuk sumber yang dikelola oleh seorang management!

SDM (Sumber Daya manusia)
Manusia merupakan sumberdaya yang mampu mengatur, diatur serta menjalankan proses produksi dalam perusahaan, SDM merupakan sumberdaya pokok dalam suatu perusahaan karena tidak semua pekerjaan bisa dilakukan oleh mesin.

SDA (Sumber Daya Alam)
SDA merupakan faktor penting dalam suatu perusahaan karena terkait dengan bahan baku /material yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk untuk bisa memproduksi suatu produk.

Teknologi
Teknologi juga berperan penting untuk meningkatkan produktifitas sebuah perusahaan, karena mesin cenderung memiliki tingkat produksi yang lebih tinggi dibanding manusia (manual). Oleh sebab itu manajemen dalam bidang teknologi sangat diperlukan untuk kemajuan perusahaan.

Keuangan/Uang
Uang/keuangan merupakan modal yang paling pokok bagi suatu perusahaan untuk bisa terus maju dan berkembang. Oleh sebab itu amatlah penting bagi suatu perusahaan untuk mengendalikan proses keuangan  (cash flow)

Informasi
Merupakan sebuah bagian dasar dalam perusahaan dalam mencapai tujuamya

3)   Element lingkungan adalah organisasi/individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung pada perusahaan. Sebutkan dan jelaskan element-element lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik!

Elemen Internal
Investor
Elemen dalam suatu perusahaan yang membantu perusahaan dalam pengadaan modal

Distributor
Elemen perusahaan yang bertugas mendistribusikan barang ke konsumen ataupun dari penyedia bahan baku ke perusahaan.


Elemen External 
Pemerintah
Merupakan elemen pengendali perusahaan dengan peraturan-peraturan dan kebijakan

Konsumen
Elemen terpenting bagi suatu perusahaan karena merupakan pengguna produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P E R H A T I A N !!!
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. tidak boleh spam (Spamming Comment)
3. No pornografi dan Menempelkan Link Aktif.

Regard : Sugimin Lifehacker