5 November 2013

Pengertian Game Cracked, Full Version, RIP, dan Reloaded

Selamat Siang sobat, sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat tahun baru islam 1435H. semoga ditahun yang baru ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan semua yang kita miliki serba baru, BB baru, motor baru, serta kalo bisa sih pacar baru (ngareep). okeh cukup sudah harapan dan ucapan tahun barunya sekarang kita kembali ke pokok pembicaraan.

Bagi sobat Gammer tidak akan asing lagi dengan kata-kata Repack, full version, RIP, Reloaded, Cracked, Blackbox dan lain sebagainya, nah kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai perbedaan dari  jenis game tersebut.
Pada dasarnya tujuan dari semua jenis jenis game yang sudah disebutkan di atas bertujuan untuk membuat sebuah/suatu game dapat dijalankan tanpa harus membeli serial atau license dari perusahaan pembuat game tersebut, dengan kata lain game tersebut di atas hanya sebatas shareware. di sisi lain jenis game di atas juga bertujuan untuk mengkompresi/menyusutkan suatu game sehingga ukuranya mejadi lebih kecil dari ukuran aslinya tetapi kualitas nya masih cukup bagus dan menghemat penyimpanan pada hardisk.

FULL VERSION
Game Full Version adalah game original tanpa ada modifikasi dan pengurangan file-file game. Biasanya kalo download yang crack-crackan, disertai dengan Crack/Patch/Serial Number/Keygen atau sejenisnya.

RIP
Game RIP adalah game yang dikompress sedemikian rupa sehingga mempunyai kapasitas yang sedikit, kebanyakan game RIP ini dikurangi file-filenya,, biasanya bahasa dan video/filmnya,, pada saat menginstall game RIP biasanya di satu folder dengan masternya, akan menambah kapasitas dari game tsb, karena sebelumnya telah dikompres.

FULL RIP
Sama seperti RIP, bedanya biasanya isi gamenya tidak dihilangkan. Atau dihilangkan tapi sedikit. Yang namanya Game RIP/Full RIP nginstal gamenya dalam 1 folder dengan masternya, berbeda dengan Full Version/Repack,, Instalnya di beda folder, misal di C.

PORTABLE
Game yang langsung bisa dimainkan tanpa instalasi, game ini kadang ada yang Full (tidak ada file yang dihapus), tapi kebanyakan Tidak Full.

REPACK
Game Repack mirip dengan RIP,, game ini sama seperti Full Version,, kita menginstall di C/folder lain. Tapi biasanya ada yang dihapus tergantung siapa yang mereleasenya. Biasanya game ini sudah aktif, tanpa kita perlu pusing mengcopy crack dan sebagainya. Repack yang sudah teruji kualitasnya adalah BlackBox dan KaoS

RELOADED
Mereka adalah seorang/TIM hacker/Cracker yang berhasil membobol sistem keamanan Hac Cipta pada game (biasanya) sehingga kita bisa menikmati game bajakan :) . Selain mereka banyak nama lain, seperti TinyISO, Razor1911, dll.

BLACKBOX
Game Repack dari BlackBox, biasanya game diambil dari Rilisan Skidrow atau Reloaded. DiPack ulang sedemikian rupa tanpa ada yang di RIP, cuman dihilangkan bahasanya kecuali English. Game BlackBox sudah teruji. Dan memiliki kapasitas yang kecil dari versi Full, dengan isi yang sama.

DEMO
Demo adalah Game yang dibuat untuk dicoba secara gratis sebelum membeli/sebelum dirilisnya game tersebut, Anda bisa mendownload game dengan versi demo pada website game developer tersebut. Game versi demo hanya memiliki satu/beberapa level/stage saja.

Trial/Shareware
Trial/Shareware adalah Game yang memiliki versi ini maksudnya bebas untuk dicoba/dibagikan/diedarkan dan gratis tentunya, game ini sudah versi full, tetapi dibatasi dengan waktu misalnya hanya 30-60 menit atau hanya 7-15 hari. Biasanya game yang memiliki versi ini adalah mini game seperti game dari BigFish, Gamehouse, PopCap, dan lain-lain.

High Compression
game High Compression adalah game yang di compress secara extreme !! jadi seperti contoh game dengan size 500 mb di install menjadi 5 gb nah itulah menurut saya yang di sebut dengan game high compression tapi ada juga yang lebih luar biasa lagi yaitu dari 1 mb menjadi 1 gb tapi hasilnya rata-rata tidak berhasil atau tidak work.

BETA
BETA adalah istilah untuk game yang masih dalam tahap uji coba suatu game, jadi game tersebut masih dalam tahap masa uji coba dan masih masa percobaan. tujuan suatu developer menjadikan game menjadi BETA adalah untuk menguji  dan mengetahui/mencari kelemahan dan kekurangan game tersebut, jadi tahap ini adalah masih tahap perbaikan agar sebelum di rilis ke publik game tersebut sudah tidak ada lagi BUG, kerusakan, error atau sebagainya. Jadi jangan salah bila anda mendownload suatu game dengan type BETA dan banyak terjadi error karena game tersebut masih dalam tahap percobaan dan masih dalam masa uji coba.

FINAL
FINAL merupakan istilah untuk game yang sudah 100% fix, artinya game tersebut sudah bisa dibilang sempurna karena sudah disempurnakan melalui tahapan-tahapan sebelumnya yaitu BETA. biasanya game yang sudah mencapai FINAL maka game tersebut tidal memiliki Update selanjutnya.

CRACKED
Seperti halnya game full version, game cracked merupakan game yang utuh tanpa adanya pengurangan apapun, melainkan hanya ada penambahan/mengganti file Executeable (EXE) dari game tersebut dengan menggunakan executeable yang sudah dimodifikasi.


 

Regard : Sugimin Lifehacker


8 komentar:

  1. Jadi kalau LITE maksudnya apa gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. LITE itu hampir sama kaya trial sob, bedanya kalo trial kan ada batasanya kaya 30 hari atau 1 jam, kalo LITE itu lebih ke pembatasan fitur2 nya biasanya level game dibatasi, equipment nya banyak yang di lock dan lain sebagainya .

      Hapus
    2. - All Information On Your Hand - Information Centre >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      - All Information On Your Hand - Information Centre >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      - All Information On Your Hand - Information Centre >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK Ck

      Hapus
  2. Min, kalo game yang udah di cracked emangnya langsung jago ya dalam arti (duit/gems udah banyak banget)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cracked itu maksudnya game yang seharusnya kita beli/bayar tapi kita bisa memainkanya secara gratis gan, kalo yg langsung jago kaya duitnya sampe 999999999 dan lain sebagainya itu namanya MOD [MODification]

      Hapus
  3. bagus mana full crack sama full reloaded

    BalasHapus
  4. bagus mana full crack sama full reloaded

    BalasHapus
  5. Min mending isi game crack 50 ribu atau isi game via share id steam harga 100rb untuk pesta 2019

    BalasHapus

P E R H A T I A N !!!
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. tidak boleh spam (Spamming Comment)
3. No pornografi dan Menempelkan Link Aktif.

Regard : Sugimin Lifehacker