24 Maret 2015

Bangga Jadi Indonesia

Bangga Jadi Indonesia


Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah Negara agraris sekaligus Negara maritim yang mana Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang sambung menyambung menjadi satu. Akibat kondisi ini Indonesia memiliki berbagai banyak jenis suku, ras, kebudayaan bahkan Indonesia juga menjadi satu-satunya Negara yang memiliki bahasa terbanyak didunia.

Indonesia juga memiliki produk-produk yang khas dan mendunia, salah satu contohnya batik, for your info nih guys batik di Indonesia juga beragam, mulai dari batik solo, batik jogja, batik pekalongan dan masih banyak lagi guys. Untuk lebih jelasnya bias dilihat dibawah ini mengenai nama batik dan daerah asalnya.



Batik Indonesia

  1. Batik Solo

  2. Solo merupakan salah satu kota kerajinan, salah satu hasil kerajinanya ialah batik solo, batik solo terkenal tidak hanya di masyarakat umum (masyarakat Indonesia) tetapi juga sampai mancanegara, Batik Solo setidaknya memiliki lima motif yang paling populer, yaitu motif sido asih, motif ratu ratih, motif parang kusuma, motif bokor kencana, dan motif sekar jagad. Daerah sentral batik di Kota Solo berada di kampung Laweyan.


  3. Batik Jogja

  4. Solo merupakan salah satu kota kerajinan, salah satu hasil kerajinanya ialah batik solo, batik solo terkenal tidak hanya di masyarakat umum (masyarakat Indonesia) tetapi juga sampai mancanegara, Batik Solo setidaknya memiliki lima motif yang paling populer, yaitu motif sido asih, motif ratu ratih, motif parang kusuma, motif bokor kencana, dan motif sekar jagad. Daerah sentral batik di Kota Solo berada di kampung Laweyan.


  5. Batik Pekalongan

  6. Nah setelah solo dan jogja, satu lagi guys batik dari jawa tengah yaitu batik Pekalongan, Batik Pekalongan ini tipikal batik dari daerah pesisir yang kaya akan warna, bahkan kita bisa menjumpai satu Batik Pekalongan dengan kombinasi sekitar 10 warna sehingga terkesan atraktif namun tetap dinamis.


  7. Batik Cirebon

  8. Kali ini kita bergeser ke jawa barat guys, tepatnya ke kota Cirebon nah dikota Cirebon ini terkenal nama batik yang mendunia guys yaitu batik mega mendung. Batik ini unik sekali dan berbeda dengan batik kebanyakan, untuk itu Pemerintah Indonesia berusaha agar Batik Cirebon mendapatkan pengakuan sebagai salah satu World Heritage dari Indonesia dengan mendaftarkannya ke lembaga PPB, UNESCO.



  9. Batik Jakarta

  10. Eeeits jangan salah nih guys, Jakarta juga punya batik yaitu batik Jakarta yang asli dibuat oleh orang betawi, dulu batik ini pernah jadi idola dikalangan masyarakat ibukota. Saat ini, pamor Batik Betawi kalah jauh dengan Batik Solo dan Pekalongan, mungkin sudah saatnya kita mengembalikan kembali eksistensi Batik Jakarta. Untuk batik cukup sekian dulu guys contohnya, sebenarnya masih banyak lagi batik-batik Indonesia namun berhubung masih banyak buanget bati Indonesia ya jadi saya ambil sampelnya segitu aja guys.

Destinasi Wisata

  1. Pulau Bali

  2. Siapa sih yang tidak kenal pulau bali pulau yang banyak menyebutnya sebagai pulau surga, bali memang merupakan destinasi wisata yang paling popular di indonesia bahkan kepopuleranya sampai ke seluruh dunia guys. Tidak heran kalau bali merupakan salah satu destinasi wisata terbaik

  3. Pulau Komodo

  4. SPulau komodo atau lebih kerenya the dragon island adalah pulau sekaligus tempat perlindungan bagi hewan langka yang hanya ada diindonesia yaitu komodo, bahkan saking kerenya pulau komodo menjadi salah satu the seven wonders. Nah cocok banget nih bagi sobat yang mau berlibur sekaligus melihat hewan khas indonesia. Tenang guys jangan takut nanti juga ada bapak-bapak pembibing disana kalau mau melihat komodo.

  5. Candi Borobudur

  6. Candi Borobudur merupakan Salah satu dari the seven wonders, Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Candi indi merupakan candi termegah dan banyak sekali turis mancanegara yang dating untuk melihat candi ini.

  7. Taman Laut Bunaken

  8. CBagi sobat yang hobi diving nih, taman laut bunaken juga bias menjadi salah satu destinasi wisata yang bagus, berbagai macam spesies ikan maupun terumbu karang bias kita jumpai di taman laut ini, tidak hanya itu pemandangan sekitar pulau juga idah guys jadi ya kita bias melihat keindahan bawah laut sekaligus pemandangan sekitar juga guys.

  9. Danau Toba

  10. CDanau toba terbentuk akibat letusan gunung berapi yang dahsyat sehingga menyebabkan bagian tengah gunung berlubang, dan lama kelamaan lubang tersebut terisi air dan menjadi danau, ditengah danau toba juga ada sebuah pulau guys yang dikenal sebagai pulau samosir,emandangan di danau ini sangat indah guys pokoknya recommended deh buat tempat berlibur.

Kebudayaan Indonesia

  1. Wayang

  2. Wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia pada tahun 2003. Wayang sebagai “Karya Agung Budaya Dunia” yang diakui oleh UNESCO bukan hanya wayang Jawa tapi wayang Indonesia, termasuk wayang Bali, wayang golek Sunda, wayang Lombok, dll. Cerita-cerita yang dimainkan berkisah tentang dewa-dewi, persilatan, percintaan dan kepahlawanan yang pertunjukkannya selalu diiringi dengan musik gamelan. Sang dalang dalam pertunjukan wayang sangat pandai membawa suasana emosi penonton mulai dari serunya peperangan sampai cerita lucu yang dibawakan sang dalang sampai membuat penonton tertawa. Tahun 1950-1960an adalah puncak kejayaan wayang yang diakui para peneliti Barat, sebagai seni pertunjukan terindah di dunia.

  3. Tari Kecak (Bali)

  4. Tari Kecak biasanya disebut sebagai tari “Cak” atau tari api (Fire Dance) merupakan tari pertunjukan masal atau hiburan dan cendrung sebagai sendratari yaitu seni drama dan tari karena seluruhnya menggambarkan seni peran dari “Lakon Pewayangan” seperti Rama Sita dan tidak secara khusus digunakan dalam ritual agama hindu seperti pemujaan, odalan dan upacara lainnya.
    Bentuk – bentuk “Sakral” dalam tari kecak ini biasanya ditunjukan dalam hal kerauhan atau masolah yaitu kekebalan secara gaib sehingga tidak terbakar oleh api.Tidak seperti tari bali lainnya menggunakan gamelan sebagai musik pengiring tetapi dalam pementasan tari kecak ini hanya memadukan seni dari suara – suara mulut atau teriakan – teriakan seperti “cak cak ke cak cak ke” sehingga tari ini disebut tari kecak.

  5. Tari Saman

  6. Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tarian saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik,kerena hanya menampilkan gerak tepuk tangan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang, kirep, lingang, surang-saring (semua gerak ini adalah bahasa Gayo) Tari Saman dari Gayo Lues dan sekitarnya di Provinsi Aceh resmi diakui dan masuk dalam daftar warisan budaya tak benda yang memerlukan perlindungan mendesak UNESCO, pada Sidang akbar tahunan yang dihadiri lebih dari 500 anggota delegasi dari 69 negara, LSM internasional, pakar budaya dan media di Bali pada 22 sampai 29 November 2011 lalu.

  7. Angklung

  8. masyarakat. Berbahasa sunda di pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu). Sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2,3,sampai 4 nada dalam setiap ukuran kecil. Angklung Indonesia ini telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya. Tak benda atau intangible cultural heritage.

    Penyerahan resmi sertifikat dilaksanakan di Jakarta, pada 19 Januari 2011. Sertifikat ini diserahkan oleh mantan Duta Besar RI untuk UNESCO Tresna Dermawan Kunaefi kepada menteri pendidikan nasional Muhammad Nuh. Taufik menyatakan angklung digemari diluar negeri. Negara-negara seperti Korea, Jepang dan Malaysia. Telah mengenalkan angklung pada anak-anak usia sekolah.

  9. Reog Ponorogo

  10. Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.


Kurang lebih itulah hal yang bias saya gambarkan mengenai rasa cinta terhadap tanah air, semoga info tersebut bisa semakin menambah wawasan kita mengenai ragam indonesia guys.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P E R H A T I A N !!!
1. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
2. tidak boleh spam (Spamming Comment)
3. No pornografi dan Menempelkan Link Aktif.

Regard : Sugimin Lifehacker